Senin, 10 November 2014

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan

Beberapa manfaat  lidah buaya






Aloe vera atau lidah buaya, tanaman yang banyak tumbuh di halaman, ia memiliki banyak manfaat. Bahkan, banyak produk kosmetik dan antiseptik yang mengandung lidah buaya sebagai bahan baku. Bagaimana dengan kita?

Apakah kita telah memanfaatkan lidah buaya  dengan baik?


Lidah buaya memiliki nama latin Aloe barbadensis. Berbagai senyawa dalam lidah buaya membuatnya kaya akan manfaat bagi kesehatan. Berbagai senyawa yang terkandung di dalamnya antara lain adalah mannans asetat, polymannans, antrakuinon, dan lektin. Selain itu, lidah buaya juga mengandung senyawa lain yang termasuk dalam kelompok enzim yang meliputi asam amino, vitamin, mineral, dan polisakarida.

Beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan adalah:


1. Detoksifikasi

Mengonsumsi jus lidah buaya dapat menetralisir racun dalam tubuh karena kandungan antioksidannya. Selain itu, kami juga bisa mendapatkan keuntungan dari kandungan vitamin dan mineral di dalamnya.

2. Merangsang pertumbuhan sel kulit baru

Tak heran bila banyak produk kosmetik yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan baku. Kandungan lignin yang ada dalam lidah buaya dapat menembus dan meresap ke dalam kulit dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Sehingga kulit kita tidak terlihat kusam, tidak kering, dan terlihat lebih muda. Selain itu, lidah buaya juga dapat mencegah hilangnya cairan tubuh, yang keluar melalui permukaan kulit.

3. Menyembuhkan luka bakar ringan

Dengan sifatnya mendinginkan, lidah buaya dapat digunakan untuk mengobati luka bakar. Kandungan saponin dalam lidah buaya bertindak sebagai pembersih luka, anti infeksi, dan antimikroba. Dalam dunia perawatan kulit, lidah buaya juga dapat menghilangkan jerawat, menyembuhkan luka bakar, dan mengurangi peradangan pada kulit.

4. Diabetes

Aloe emodin, salah satu zat yang terkandung dalam lidah buaya dari kelas antrakuinon dapat membantu mengubah glukosa menjadi glikogen. Sehingga kadar gula dalam darah bisa turun.

5. Pencahar alami

Zat Glycosidesaloin A dan B dari grup antrakuinon dalam lidah buaya berguna sebagai pencahar alami.

6. Menjaga berat badan

Jus lidah buaya telah digunakan untuk menurunkan berat badan selama bertahun-tahun yang lalu. Hal ini mungkin disebabkan oleh kandungan polisakarida, yang dapat membuat kita cepat merasa kenyang, dan juga efek pencahar nya.

7. Sistem kekebalan tubuh

Lidah buaya kaya akan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

8. Mengatasi masalah rambut

Sejak dulu, lidah buaya telah dikenal mampu memecahkan berbagai masalah rambut seperti ketombe, membuat rambut mengkilap, dan menyuburkan rambut.

Berikut adalah beberapa cara untuk memanfaatkan lidah buaya untuk kesehatan


1. Laringitis

1 batang lidah buaya dicuci, dikupas, dan dipotong-potong atau diblender. Tambahkan air panas dan 1 sendok makan madu. Minum 3 kali sehari.

2. Ambeien

Setengah dari daun lidah buaya dicuci dan diparut. Tambahkan setengah cangkir air panas dan peres. Tambahkan 2 sendok makan madu dan minum 3 kali sehari ketika hangat.

3. Sembelit

Setengah daun lidah buaya dicuci, dikupas, dan dipotong kecil-kecil. Seduh dengan setengah gelas air hangat dan tambahkan 1 sendok makan madu. Minum dua kali sehari saat hangat.

4. Diabetes mellitus

2 biji daun lidah buaya dicuci, dan dipotong-potong. Rebus dengan 3 gelas air, lalu saring. Minum setengah cangkir 3 kali sehari.

5. Menyuburkan rambut

2 daun lidah buaya dicuci bersih kemudian dikupas. Gosokkan pada kulit kepala yang telah dibasahi di sore hari. Bungkus rambut dengan handuk. Bilas rambut Anda keesokan harinya. Lakukan setiap hari selama 3 bulan.

6. Batuk

20 g lidah buaya dicuci, dikupas, dan dipotong-potong. Tambahkan air mendidih dan 2 sendok makan madu. Minum 2 kali sehari selama 10 hari.







Tidak ada komentar :