Sabtu, 23 Agustus 2014

Olahraga untuk penderita tekanan darah tinggi

Olahraga yang tepat untuk penderita tekanan darah tinggi



Gaya hidup yang tidak sehat adalah pemicu utama munculnya penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi), yang akhir-akhir banyak menyerang orang-orang muda dan tua.

Salah satu cara terbaik untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil dalam ukuran normal adalah dengan jalan melakukan latihan yang tepat untuk penyakit tekanan darah tinggi. Orang yang selalu aktif secara fisik akan memiliki jantung yang lebih kuat. Hal ini akan membuat jantung lebih banyak memompa darah dengan lebih sedikit energi. Sehingga dapat mengurangi tekanan di arteri, yang pada akhirnya akan dapat mengurangi tekanan darah, menurut Healthmeup.com.

Empat jenis latihan terbaik untuk penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat anda lakukan antara lain adalah:

1 Latihan aerobik

Aerobik adalah latihan yang baik untuk penyakit tekanan darah tinggi, untuk mengurangi tingkat tekanan darah Anda. Latihan aerobik meliputi berjalan, berlari, hiking, bersepeda dan berenang. Lakukan aktivitas aerobik minimal 30 menit sehari selama satu minggu untuk mendapatkan jantung yang sehat dan tekanan darah yang stabil.

2 Latihan Beban

Meskipun latihan ini dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah yang tiba-tiba, tapi ada manfaat jangka panjang yang bisa anda peroleh. Namun sebelum anda melakukan Latihan Beban, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

3 Yoga dan meditasi

Salah satu pemicu tekanan darah tinggi adalah manajemen stres yang buruk. Pada saat stres, tekanan darah cenderung meningkat. Untuk menghilangkan stres cobalah untuk melakukan yoga dan meditasi. Latihan ini dapat membantu Anda mengatasi stres.

4. Latihan Pernapasan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Hypertension, seseorang dapat mengontrol tingkat tekanan darah dengan "memanfaatkan" regulator tekanan alami tubuh.

Teknik pernapasan adalah cara termudah dan paling efektif untuk mengurangi tingkat tekanan darah. Latihan pernapasan yang teratur dan benar, dapat membantu Anda menjaga tekanan darah Anda agar tetap dalam kondisi normal.




Tidak ada komentar :