Selasa, 15 Oktober 2013

Cara mengetahui madu murni dengan alkohol 95%

Karena banyaknya manfaat madu bagi kesehatan, banyak orang membeli madu untuk menjaga kesehatan mereka. Sayangnya, banyak produsen madu dengan berbagai cara mencampurkan larutan gula merah, atau bahkan membuat madu palsu untuk mendapatkan keuntungan yang berlimpah. Sedangkan konsumen menginginkan madu lebah asli.


Banyak cara dilakukan orang untuk membedakan antara madu yang asli dan dan campuran, atau bahkan palsu. Sayangnya belum ada cara yang sangat dapat dipercaya untuk membedakan mana madu yang asli dan yang campuran, bahkan palsu.


Setelah mencari di berbagai sumber, akhirnya saya menemukan cara yang saya anggap cukup efektif untuk membedakan madu yang asli dan campuran, yaitu dengan menggunakan alkohol murni (alkohol 95%) yang dapat anda beli dengan mudah di apotek atau toko obat, sebagai bahan untuk membedakan mana madu murni dan campuran.

 
Dalam percobaan yang saya lakukan, madu yang murni tidak akan larut dalam alkohol 95% tersebut walaupun saya mengaduknya cukup lama. Madu tetap mengendap di bawah sedangkan alkoholnya tetap jernih seperti semula.

Tapi ketika hal ini saya terapkan pada madu campuran (perkiraan saya), tetap ada endapan didalam piring, tapi alkohol tersebut berubah warna menjadi kekuning-kuningan. Tanda bahwa itu adalah campuran (syrup gula) yang larut dalam alkohol.

Tapi sampai saat ini saya belum mencobanya hanya pada syrup gula, atau asam sitrat (yang biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat madu palsu).

Tapi saya tetap akan mencobanya, dan jika telah ada hasil, saya akan mempostingnya disini. Mungkin para pembaca bisa mencoba sendiri, dan hasilnya tolong ditulis di kolom komentar.



Tidak ada komentar :