Nama saya Siswanto namun saya dipanggil Pakde Chon . Ini adalah beranda saya: Saya tinggal di Madiun, dan bekerja sebagai Perawat di Puskesmas ACME Corp .

Selasa, 21 November 2017

EP 1 SK jenis Pelayanan


































Senin, 30 Oktober 2017

11 bahan makanan untuk menurunkan kadar kolesterol darah



Cara mudah untuk menurunkan kadar kolsterol adalah dengan mengganti makanan yang kita dengan makanan dapat menurunkan kolesterol dan menurunkan lemak yang ada dalam aliran darah.

Untuk melakukan hal ini ada dua strategi yang bisa anda lakukan.
Meningkatkan asupan makanan yang dapat menurunkan LDL, yaitu partikel pembawa kolesterol berbahaya yang berkontribusi dalam penyumbatan arteri atau aterosklerosis. Dan pada saat yang sama, mengurangi makanan yang meningkatkan LDL.

Beberapa cara terbaik

Beberapa jenis makanan dapat menurunkan kolesterol dengan berbagai cara. Diantaranya adalah dengan mengkonsumsi serat larut atau soluble fiber, yang mampu mengikat kolesterol dan prekursornya didalam sistem pencernaan dan membuangnya keluar dari tubuh sebelum masuk ke sirkulasi. Cara yang lain adalah dengan mengkonsumsi lemak tak jenuh ganda / polyunsaturated fats, yang secara langsung dapat menurunkan kadara LDL. Dan beberapa cara yang lain yaitu dengan makan makanan yang mengandung sterol dan stanol, yang dapat menghalangi tubuh untuk menyerap kolesterol.






2. Barley dan berbagai biji-bijian lainnya. Seperti gandum dan oat, Barley dan beberapa jenis biji-bijian dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, terutama melalui serat larut yang terkandung didalamnya.

3. Beans. Beans sangat kaya akan serat larut. Beans juga membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh, artinya Anda akan merasa kenyang lebih lama setelah makan. Itulah salah satu alasan Beans adalah makanan yang berguna bagi orang yang mencoba menurunkan berat badan.

4. Terong dan okra. Kedua sayuran berkalori rendah ini adalah sumber serat larut yang baik.

5. Kacang-kacangan. Beberapa studi menunjukkan bahwa memakan kacang almond, kacang kenari, kacang tanah, dan kacang lainnya bagus untuk jantung. Makan 2 ons kacang sehari bisa sedikit menurunkan LDL, sekitar 5%. Kacang memiliki nutrisi tambahan yang dapat melindungi jantung.

6. Minyak nabati. Menggunakan minyak nabati seperti canola, bunga matahari, minyak safflower dan lainnya  dapat membantu menurunkan LDL.

7. Apel, anggur, stroberi, buah sitrus. Buah ini kaya akan pektin, sejenis serat larut yang mampu menurunkan LDL.

8. Makanan yang diperkaya dengan sterol dan stanol. Sterol dan stanol adalah zat yang diekstrak dari tanaman yang dapat menghambat tubuh untuk menyerap kolesterol dari makanan. Beberapa perusahaan makanan menambahkan sterol dan stanol ke dalam makanan seperti pada margarin dan granola sampai jus jeruk dan coklat. Sterol dan stanol juga tersedia dalam bentuk suplemen. Mengkonsumsi 2 gram sterol atau stanol setiap hari dapat menurunkan kolesterol LDL sekitar 10%.

9. Kedelai. Mengonsumsi kedelai dan makanan yang terbuat dari kedelai, seperti tahu dan susu kedelai, pernah disebut-sebut merupakan cara ampuh untuk menurunkan kolesterol. Beberapa analisis menunjukkan bahwa mengkonsumsi 25 gram protein kedelai sehari (10 ons tahu atau 2 1/2 cangkir susu kedelai) dapat menurunkan LDL hingga 5% sampai 6%.

10. Ikan berlemak. Mengonsumsi ikan dua atau tiga kali seminggu dapat menurunkan LDL. Omega-3 mengurangi trigliserida dalam aliran darah dan juga melindungi jantung dengan membantu mencegah timbulnya irama jantung yang abnormal.

11. Suplemen serat.




Sabtu, 28 Oktober 2017

EP3 SK Menjalin Komunikasi Dengan Masyarakat



























Contoh SK Jenis Pelayanan Puskesmas






















Sabtu, 19 Agustus 2017

Kode Puskesmas Kabupaten madiun

Kode Puskesmas Kabupaten madiun










Sabtu, 26 November 2016

Melawan kolesterol secara alami

Makanan untuk menurunkan kadar



Banyak jenis makanan yang biasa kita makan setiap hari yang mengandung kolesterol yang tinggi. Meskipun kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk sintesis hormon tertentu, seperti estrogen, kortisol, progesteron dan vitamin D, terlalu banyak mengonsumsi kholesterol dapat menyebabkan penyakit. Peningkatan kadar kolesterol dalam darah tak dapat disangkal dan tak terbantahkan berkaitan erat dengan penyakit jantung dan stroke.

Pengaruh asupan kolesterol yang tinggi tidak hanya akan terlihat pada perut, paha atau lengan tetapi juga akan terlihat di hampir semua organ tubuh. Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah merupakan ancaman utama bagi kesehatan jantung, pembuluh darah, ginjal, saluran reproduksi (terutama pada perempuan muda) dan otak.

Bagaimana kolesterol mempengaruhi organ-organ tubuh? Kolesterol, setelah diserap di usus, kemudian akan dibawa ke hati untuk diproses. Yang kemudian diangkut ke seluruh sel-sel tubuh. Namun, tidak semua molekul kolesterol ini sampai organ target sasaran- beberapa tertinggal dan disimpan dalam dinding pembuluh darah.
Pada saat kolesterol menumpuk di dinding pembuluh darah, ia akan menyumbat aliran darah. Hal inilah yang kemudian menyebabkan serangkaian peristiwa yang menyebabkan terhentinya aliran darah. Jika aliran darah ke jantung terhambat, serangan jantung akan terjadi. Stroke terjadi jika hal ini terjadi di arteri otak.

Salah satu cara untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah adalah dengan mengurangi asupan makanan yang kaya lemak. Asupan makanan sehat untuk menurunkan kolesterol adalah langkah pertama untuk mencegah berbagai penyakit karena kholesterol yang tinggi. Berikut adalah beberapa makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol darah Anda:


Gandum
Mungkin makanan pertama yang ada dalam pikiran Anda ketika Anda ingin menurunkan berat badan adalah oatmeal. Namun, penggunaan oatmeal tidak hanya terbatas untuk tujuan itu. Beberapa ahli sebenarnya merekomendasikan makanan ini untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Bagaimana makanan ini dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol Anda?




Oatmeal tidak hanya kaya akan asam lemak omega-3, tetapi juga kaya akan serat. Serat merupakan produk yang tidak larut yang dapat memperbaiki fungsi pencernaan dan mengekskresi kolesterol. Serat secara alami mampu mengikat empedu, yang merupakan emulsifier lemak. Empedu sebagian besar terdiri dari kolesterol; oleh karenanya, ketika serat dan empedu bisa diekskresikan, maka kolesterol pun diekskresikan juga.

Ikan salmon
Makanan lain yang dapat menurunkan kolesterol adalah salmon. Ikan ini, begitu juga dengan tuna, mackerel dan sarden, kaya akan asam lemak omega-3, yang merupakan jenis lemak tak jenuh. Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana jenis lemak dapat bermanfaat untuk tubuh padahal mereka sebenarnya adalah lemak juga! Omega-3 dianggap sebagai lemak yang baik karena membantu penurunan tekanan darah dan menghambat peradangan, yang merupakan salah satu mekanisme yang mendasari serangan jantung.

Alpukat
Anda mungkin sudah mendengar bahwa alpukat kaya akan lemak. Seperti halnya salmon, alpukat mengandung lemak baik, yang membuatnya menjadi makanan yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol. Alpukat kaya beta-sitosterol, lemak nabati yang dapat mencegah penyerapan kolesterol di usus. Selain itu, alpukat juga mengandung kadar HDL Anda, yang juga disebut kolesterol baik.

Masih banyak lagi jenis makanan yang bisa menurunkan kolesterol Anda. Yang harus Anda ingat adalah bahwa makanan yang tinggi serat dan tinggi lemak baik adalah makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Makanan lain yang dapat Anda makan antara lain adalah jeruk, sayuran berdaun hijau, buncis dan kacang-kacangan.








Minggu, 13 November 2016

Inilah Beberapa Manfaat Gizi dari Bengkuang yang Sangat Mengesankan

Bengkuang, akar atau umbi yang masih termasuk sayuran, banyak digunakan sebagai bahan utama dalam berbagai hidangan. Selain digunakan sebagai bahan kuliner, sayuran ini juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Berikut ini adalah informasi mengenai nilai gizi yang terkandung dalam bengkuang.

Bengkuang adalah sayuran manis, yang masuk dalam genus Pachyrhizus dan keluarga Fabaceae. Bengkuang adalah anggota dari keluarga kentang, dan umumnya dibudidayakan di Amerika Latin, biasanya di Meksiko dan Amerika Tengah. Juga dikenal sebagai kentang Meksiko atau Mexican yambean). Bengkuang memiliki rasa yang manis seperti buah, dan memiliki tekstur sedikit renyah, berkulit cokelat, berbentuk bulat, seperti lobak, dengan ekor, dan daging berwarna putih mulus. Oleh karena itu, terkadang sayuran ini tampak seperti persilangan antara kentang dan lobak.




Bengkuang dapat baik dikonsumsi dalam keadaan mentah atau dimasak. Dalam bentuk mentah, ia memiliki rasa mirip dengan buah pir atau apel, namun harus dikupas sebelum mengkonsumsi.   kulitnya agak tebal, keras, dan berisi racun organik yang disebut rotenone. Bengkuang memiliki tekstur yang berair, dan di kupas, warna nya tidak berubah atau rusak. Bila dimasak, Bengkuang cenderung untuk menyerap rasa dari bahan-bahan yang dikombinasikan dengan. Oleh karena itu, seringkali Bengkuang berfungsi sebagai pelengkap yang sangat baik untuk berbagai hidangan tumisan. Sekarang mari kita lihat fakta gizi dari sayur bengkuang.

Nilai gizi dari Bengkuang

Bengkuang (100 g), dimasak, direbus, ditiriskan, tanpa garam
Kalori        38 kkal
Air             90,07 g
Serat            4,9 g
Gula total     1,60 g
Total lemak  0,09 g
Karbohidrat  8.82 g
Protein          0,72 g

Mineral
Kalsium 11 mg
Sodium 4 mg
Kalium 135 mg
Magnesium 11 mg
Zinc 0,15 mg
Zat besi 0.57 mg
Fosfor 16 mg


Vitamin
Vitamin A, 1 mg
Vitamin A, 19 IU
Vitamin B6 0.040 mg
Niacin 0.190 mg
Riboflavin 0,028 mg
Thiamin 0,017 mg
Folat 8 pg
Vitamin C 14.1 mg

Lipid

Kolesterol 0 mg

Manfaat gizi dari Bengkuang

  • Karena bengkuang rendah kalori dan lemak, dan tinggi vitamin dan mineral, ia mampu memberikan banyak manfaat gizi, yang beberapa diantaranya tersebut seperti di bawah ini:
  • Karena bengkuang tidak mengandung lemak dan kolesterol, maka bengkuang dapat dimasukkan ke dalam diet yang dirancang untuk menurunkan kadar kolesterol. Bengkuang membantu mengurangi risiko memiliki masalah jantung seperti penyakit jantung koroner, hipertensi, dll. Dan karena tidak mengandung kolesterol, bengkuang membantu mengurangi resiko terkena stroke.
  • Tinggi akan vitamin C. Karenanya, bengkuang merupakan antioksidan yang kuat dan juga berfungsi sebagai anti-inflamasi. Membantu menurunkan gejala asma, seperti nafas berbunyi, terutama pada anak-anak. Dan karena kaya vitamin C, bengkuang sangat membantu dalam menyembuhkan pilek dan flu.
  • Mengatasi Defisiensi vitamin C
  • Bengkuang juga memperkuat struktur kapiler, sehingga mengurangi risiko memiliki kerapuhan atau kerusakan kapiler.
  • Bengkuang kaya akan kalsium dan serat dalam bengkuang mengandung inulin oligofructose. Sayuran ini membantu meningkatkan kesehatan tulang dengan meningkatkan proses penyerapan kalsium dari makanan. Dengan demikian, ia juga menurunkan kemungkinan terkena osteoporosis. Dalam hal hubungannya dengan tulang, maka bengkuang juga dapat memperkuat gigi Anda.
  • Inulin juga mendorong pertumbuhan bakteri baik  dalam usus. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan usus besar dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  • Sayuran ini memiliki indeks glikemik yang sangat rendah, dan merupakan makanan yang sangat baik bagi penderita diabetes.
  • Sayuran ini sangat baik untuk dimasukkan ke dalam menu diet untuk penurunan berat badan, karena rendah kalori dan rendah lemak.

Singkatnya, bengkuang pada dasarnya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membantu dalam meningkatkan fungsi tubuh secara keseluruhan. Namun, pastikan Anda membeli bengkuang yang berukuran sedang, karena yang berukurang terlalu besar mungkin tidak manis. Pilih umbi yang masih keras dengan akar kering. Bengkuang dengan bintik-bintik basah atau lembut bisa jadi busuk. Bengkuang yang sudah dikupas dan dipotong, dapat disimpan dalam lemari es selama beberapa hari. Sebelum memotong, Anda dapat menyimpan sayuran ini di tempat yang sejuk dan gelap hingga empat minggu.


Baca lebih lanjut di Buzzle: http://www.buzzle.com/articles/jicama-nutritional-benefits.html