Minggu, 07 September 2014

Manfaat buah naga

Manfaat buah naga untuk kesehatan



Buah naga adalah buah yang berasal dari Amerika Tengah dari spesies Hylocereus dan Selenicereus dari keluarga kaktus.
Negara-negara penghasil utama buah ini adalah Nikaragua, Republik Rakyat Cina, Vietnam dan Israel. Di Sri Lanka juga ada petani buah naga namun jumlahnya sedikit. Buah naga tergolong buah yang sangat mahal harganya.

Gambaran

Buah ini memiliki panjang sekitar 10 sampai 15 cm dan berat sampai 500g. Kulit nya berwarna merah muda atau kemerahan dan bersisik. Daging buah naga mengandung banyak biji kecil berwarna hitam, mirip dengan buah kiwi.

Buah naga mengandung air sekitar 90% dan juga mengandung banyak zat besi, kalsium dan fosfor. Nilai gizinya adalah 210 kJ / 100 g. Ini sudah termasuk kandungan nya akan vitamin B, C dan E.

Buah naga dapat dimakan dalam jumlah besar untuk menghasilkan efek pencahar. Secara khusus, ketika bijinya ikut dimakan, efek pencahar tersebut akan meningkat. Dalam pengobatan tradisional Meksiko, buah naga juga digunakan sebagai obat untuk penyakit disentri.

Rasa buah naga

manfaat-buah-naga
Buah naga memiliki rasa yang sangat lembut dan manis, rasa khas buah tropis yang menyegarkan yang dapat mengingatkan pada rasa stroberi. Kekenyalannya mirip dengan kiwi, tapi buah naga sepenuhnya bebas serat yang memungkinkan kita  sangat mudah untuk membelahnya. Jika didinginkan, rasa buah naga akan menjadi lebih segar.

Lapisan bagian dalam dibawah kulit yang berwarna merah muda masih bisa dimakan. Di bawah kulit inilah bagian yang  berisi sebagian besar vitamin. Anda dapat mengambilnya cukup dengan mengorek nya dengan sendok dari dalam. Rasanya, bagaimanapunjuga, tidak semua orang sama. Rasa manisnya makin  ke luar makin berkurang.

Bagaimana cara mengetahui bahwa buah naga tersebut sudah matang?

Ciri buah naga yang matang adalah, kulitnya merah muda cerah dan "memikat" bahkan dari jauh. Buah harus terasa empuk dengan tekanan jari. Buah yang matang kulitnya dapat dibuang dengan mudah.

Manfaat Buah Naga untuk kesehatan


Daging buah naga diduga mengandung vitamin C , kalium, dan antioksidan, namun klaim ini baru dilakukan oleh studi terbatas terhadap buah naga. Lycopene, pigmen merah dari buah naga, memiliki potensi untuk mencegah beberapa jenis kanker, menurut Hillsborough County Extension.

Manfaat Buah Naga untuk diet


Buah naga juga mengandung sedikit 'gula (50 kalori per cangkir), yang membuatnya sangat cocok untuk diet bagi penderita diabetes, menurut Hillsborough County Extension.


Tidak ada komentar :