Sabtu, 16 Agustus 2014

Kebiasaan sehat sehari hari

Pagi hari


Mulailah hari anda dengan cara yang benar dengan kebiasaan sebagai berikut sehingga anda akan sehat dan terhindar dari stres.


1. Bangun lebih awal. Berilah diri anda waktu sejenak untuk menghilangkan kantuk.
2. Jangan tekan tombol tunda. Ketika alarm berbunyi segeralah bangun.
3. Pilih nada yang tidak mengagetkan anda untuk alarm, yang dapat membuat anda bangun secara perlahan, dan tidak mendadak terduduk, sehingga anda dapat memulai setiap pagi anda dengan damai.
4. Sarapan. Sarapan tidak hanya memberi anda energi, namun juga membuat anda tidak akan makan terlalu banyak pada saat makan siang.
5. Lakukanlah semua hal dengan perlahan lahan, sehingga anda akan dapat menyelesaikan semua pekerjaan anda tepat waktu. Jika anda terburu-buru, justru akan banyak hal yang terlupakan dan tidak anda kerjakan.

Sore menjelang malam


Aktivitas sore menjelang malam hari, sebaiknya diisi dengan kegiatan yang menyenangkan terutama sebelum tidur. Cobalah untuk menghilangkan stres yang diakibatkan oleh kegiatan anda seharian.

1. Pergi tidur pada waktu yang sama. waktu tidur yang konsisten dijamin akan dapat memberi anda kualitas tidur yang dibutuhkan. Dan ketika bangun, anda akan merasa cukup istirahat, segar dan siap memulai hari baru.
Tips sehat sehari-hari
2. Persiapkan baju. Pastikan baju yang akan anda kenakan esok pagi sudah tersedia sejak malam, sehingga anda tidak terburu -buru pada pagi hari.
3. Persiapkan makan siang. Bahan makanan untuk makan siang untuk esok hari sebaiknya sudah disiapkan malam sebelumnya.
4. Cuci piring. Jika tidak ada pembantu sebaiknya cuci piring pada malam hari sehingga tidak menumpuk.
5. Mandi. Penting sebelum tidur. Kuman-kuman akan hilang dan anda akan dapat tidur dalam kondisi bersih.
6. Rileks. Isi waktu dengan membaca atau menonton televisi atau ngobrol dengan anggota keluarga.
7. Persiapkan semua barang yang biasa anda bawa ke kantor di tempat yang sama, dengan demikian anda tidak akan membuang-buang waktu untuk mencari benda-benda tersebut pada saat akan berangkat bekerja.

Untuk tubuh anda


1. Latihan atau olahraga. Lakukan setiap hari dengan berjalan kaki keliling rumah atau blog, atau pergi ke gym atau apapun yang penting tubuh anda bergerak.
2. Minum air putih jaga tubuh anda agar mengalami dehidrasi dengan minum air putih yang segar dalam jumlah yang cukup.
3. Kembali ke alam. Pilih makanan yang terbaik untuk tubuh. Jangan bergantung pada makanan insan atau kalengan. Saatnya untuk belajar memasak.
4. Kurangi makanan siap saji atau fast food. Mengurangi lemak jenuh dari fast food adalah kebiasaan bagus agar tubuh tetap sehat.
5. Batasi asupan gula pasir. Gula menyebabkan fluktuasi kadar gula, yang dapat memicu masalah kesehatan termasuk gangguan kardiovaskuler dan kolesterol. Pilih pemanis alami seperti madu dan gula dari tebu.
6. Flossing. Kesehatan gigi sangat penting. Infeksi yang terjadi di gusi akan menyebar dengan cepat ke bagian tubuh yang lain.
7. Teh hijau. Teh hijau kaya akan antioksidan. Teh hijau adalah pengganti yang ideal untuk soda.
8. Makan seimbang. Padukan nutrisi dari buah-buahan, sayuran, biji bijian utuh dan protein dalam menu makanan sehari hari. Seimbangkan semuanya. Jangan hanya mengkonsumsi satu atau dua jenis bahan makanan secara terus menerus.
9. Vitamin. Miliki kebiasaan untuk minum multivitamin yang bermutu setiap hari Untuk memastikan bahwa anda memberi tubuh anda energi yang cukup agar berfungsi optimal.
10. Cek medis. Lakukan cek medis secara berkala setidaknya satu tahun sekali. Mencegah lebih baik daripada mengobati.
11. Pembersihan gigi. Kunjungi dokter gigi untuk membersihkan gigi dua kali per tahun agar gigi anda senantiasa sehat dan bersih.
12. Jaga berat badan. Berat badan yang naik dan turun tidak bagus untuk tubuh, Jadi jagalah berat badan agar tetap stabil angka ideal.
13. Jangan merokok. Tubuh dan dompet anda akan "menerima manfaatnya".
14. Lindungi kulit. Oleskan sunblock dan pakai topi ketika anda harus berada di luar ruangan sepanjang hari.
15. Postur tubuh. Biasakan berdiri dan duduk dalam posisi tegak, sehingga anda memiliki postur yang lebih sehat dan lebih menarik.


Tidak ada komentar :