Kamis, 06 Juni 2013

5 manfaat aktivitas fisik secara teratur


Beberapa manfaat aktifitas fisik untuk kesehatan anda


Ingin merasa lebih baik, memiliki lebih banyak energi, dan bahkan hidup lebih lama? Aktivitas fisik yang teratur akan membantu Anda untuk mendapatkan semua ini. Manfaat latihan fisik secara teratur sangat penting  yang tidak dapat diabaikan begitu saja.  Dan tentu saja, manfaat olahraga bisa dinikmati oleh semua orang, tanpa memandang usia, jenis kelamin. Perlu mengetahui  lebih banyak agar anda yakin? Lihatlah lima cara dibawah ini di mana olahraga dapat memberi kebaikan  bagi kehidupan Anda. 

1. Mengendalikan  berat badan dengan  lebih baik.


Olahraga teratur dapat mencegah kenaikan berat badan atau membantu mempertahankan berat badan ideal. Ketika dipraktekkan seseorang akan membakar  kalori. Semakin tinggi intensitas latihan, semakin banyak kalori yang dibakar. Jika Anda tidak punya waktu untuk berolahraga secara teratur, perubahan kecil dalam hidup Anda sehari-hari, misalnya menggunakan tangga bukan lift atau menambah kesibukan fisik di rumah, hal ini sudah cukup untuk menambah aktifitas fisik anda. Akan tetapi, tetap saja akan lebih baik jika anda meluangkan sedikit waktu untuk berjalan-jalan, bersepeda, atau berlari dalam skala ringan.

2. Mengurangi risiko terkena penyakit kronis.


Khawatir tentang penyakit jantung? Ingin mencegah penyakit  tekanan darah tinggi? Terlepas dari berat badan anda, aktivitas fisik secara teratur mampu meningkatkan kadar kolesterol  HDL   (yang disebut sebagai " kolesterol  baik"), dan menurunkan tingkat trigliserida yang berbahaya bagi tubuh. Selanjutnya, aktivitas fisik secara teratur mampu meningkatkan aliran darah dalam pembuluh darah. Sehingga Anda dapat mengurangi  kekhawatiran anda akan  stroke, sindrom metabolik, diabetes tipe 2, depresi, berbagai jenis kanker dan arthritis.




3. Memperbaiki suasana hati / mood.


Bayangkan bahwa  Anda perlu satu "suntikan" untuk suasana hati yang lebih baik dalam kehidupan Anda sehari-hari.  Berolahraga di gym atau berjalan cepat selama 30 menit dapat membantu memperbaiki suasana hati anda. Aktivitas fisik merangsang produksi berbagai bahan kimia dalam otak yang berhubungan dengan perasaan bahagia dan relaksasi. Perlahan-lahan hal ini memberi perasaan yang  lebih baik dan juga memperbaiki penampilan Anda, yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda.

4. Meningkatkan kebugaran.


Apakah Anda merasa Anda lelah karena  kegiatan sederhana sehari-hari seperti pekerjaan rumah tangga atau belanja? Aktifitas  fisik secara teratur memperkuat otot dan meningkatkan pasokan oksigen dan nutrisi ke jaringan, sehingga sistem kardiovaskular bekerja lebih efisien. Dan ketika jantung dan paru-paru bekerja 100% dari potensi mereka, maka kelelahan yang akan terasa umumnya akan berkurang secara signifikan.
Baca juga :

5. Memperbaiki kualitas tidur.


Olah raga secara teratur  akan membantu Anda untuk tidur lebih mudah dan / atau lebih cepat. Hanya saja, usahakan untuk tidak berolahraga pada waktu yang terlalu larut malam, karena ketegangan yang Anda rasakan segera setelah itu dapat menyebabkan hasil yang berlawanan.














Posting Komentar