Senin, 11 Juni 2012

Definisi pengobatan akupuntur

Apakah Akupunktur itu ?

Apakah akupunktur itu ? Akupunktur adalah bentuk perawatan kesehatan holistik yang digunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit tertentu serta menghilangkan rasa sakit dan membius pasien untuk operasi. Penelitian menunjukkan bahwa Akupuntur telah dimulai di China dan telah dipraktekkan selama lebih dari 5.000 tahun.

Akupungtur
Akupunktur
Kisah awal tentang hal ini ditemukan dalam buku berjudul Nei Jing yang dalam bahasa Inggris berarti Yellow Emperor’s Classic of Internal Medicine. Buku ini menunjukkan waktu sekitar tahun 200 SM di suatu tempat tertentu. Pada saat itu, mereka tidak menggunakan jarum logam dan hanya menggunakan alat yang terbuat dari batu, terapi panas dan obat-obatan herbal untuk mengobati pasien.

Akupunktur dapat mencegah dan mengobati penyakit, yang dilakuka dengan memasukkan jarum yang sangat halus ke kulit pada titik-titik khusus dari anatomi tubuh.

Prinsip dasar dari konsep ini adalah bahwa penyakit terjadi karena adanya ketidakseimbangan dalam gaya hidup manusia atau dikenal sebagai energi Chi. Mereka yakin bahwa bahwa ada 14 saluran didalam tubuh manusia, yang dikenal sebagai meridian, yang bercabang ke organ tubuh dan berperan penting pada fungsi dari orag tersebut. Jika ada penyumbatan atau obstruksi pada salah satu dari mereka, maka hal ini akan menyebabkan penyakit pada tubuh Anda.

Akupunktur
Akupunkture
Ketidakseimbangan pada energi Chi dapat terjadi karena adanya ketidak seimbangan antara Yin dan Yang. Orang hanya bisa normal jika ada keselarasan antara keduanya, yaitu Yin dan Yang, yang dapat dicapai melalui pengobatan akupunktur. Ketidak seimbangan ini hanya dapat dikembalikan dengan merangsang titik-titik akupunktur, sehingga Chi Anda dapat disesuaikan, diseimbangkan dan diharmoniskan.

Contoh dari hal ini adalah pengobatan sonopuncture yaitu pengobatan dengan menggunakan perangkat USG yang mentransmisikan gelombang suara yang ditembakkan pada titik-titik tertentu ditubuh. Beberapa orang menggunakan garpu tala dan perangkat penghasil getaran lainnya.

Akupresur adalah contoh lain dari cara pengobatan yang mirip dengan akupungtur, dimana, Akupresur menggunakan jari-jari untuk menghidupkan kembali rasa sakit. Dan ada pula beberapa teknik penyembuhan manual lainnya.


Impuls dari energi elektromagnetik digunakan karena tubuh kita menghasilkan energi kecil, dan energi listrik dapat mempengaruhi fungsi, pertumbuhan dan kematangan dari beberapa jenis sel. Dengan memasukkan jarum di wilayah ini, maka hal ini akan merangsang dan mengubah neurotransmitter di dalam tubuh, sehingga membuat pasien merasa lebih baik setelah perawatan. Akupungtur kadang-kadang juga digunakan sebagai cara untuk diagnosis penyakit dan pengujian.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, ada beberapa penyakit di mana akupunktur boleh dilakukan. Beberapa penyakit tersebut termasuk bronkitis akut, flu biasa, katarak, sakit gigi, radang gusi, cegukan, maag, sembelit, diare, sakit kepala dan migren, penyakit Meniere, osteoarthritis dan banyak lagi. Di AS, akupunktur sering digunakan untuk mengobati penyakit kronis dan gangguan pikiran.

Tapi akupunktur tidak bebas dari risiko. Hematoma dapat terjdi jika jarum yang ditusukkan mengenai struktur peredaran darah. Atau mungkin juga pneumotoraks dapat terjadi jika jarum dimasukkan terlalu dalam. Ada juga risiko HIV dan hepatitis jika jarum tidak disterilkan dengan benar.

Nah, Sekarang Anda sudah tahu apakah akupunktur itu. Anda tidak boleh lupa bahwa akupunktur hanyalah pengobatan alternatif dan bukan bentuk pengobatan medis yang tepat. Ini berarti bahwa Anda seharusnya diperiksa oleh seorang profesional di bidang medis yang dapat menentukan jenis penyakit anda, atau tingkat keparahan penyakit anda.



Artikel terkait :

Tidak ada komentar :